MEDIA24.ID, JAKARTA - Betadine Indonesia memperkuat perannya sebagai merek antiseptik terpercaya bagi keluarga Indonesia dengan menghadirkan kampanye edukatif 30 Detik Antistop sebagai bagian dari momentum World First Aid Day 2025.
Berdasarkan Survei Kesehatan Nasional (Riskesdas 2013), 35,2% rumah tangga di Indonesia menyimpan obat untuk pengobatan mandiri, termasuk untuk luka, tanpa panduan medis yang tepat.
Studi lain menunjukkan lebih dari 76% masyarakat belum mengetahui cara penanganan luka bakar yang benar, sementara 59% di antaranya masih menggunakan pasta gigi.
Baca Juga: Resmi Dibuka! BAIC Hadirkan Authorized Dealer BAIC Puri Indah by JHL Auto sebagai Dealer ke-15
Menjawab permasalahan tersebut, kampanye 30 Detik Antistop ditujukan untuk mengedukasi keluarga bahwa 30 detik pertama dalam penanganan luka.
Sebagai bagian dari inisiatif ini, Betadine bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Utara menggelar kegiatan First Aid Training, pelatihan pertolongan pertama yang inklusif dan interaktif, di Jakarta pada Sabtu, 8 November 2025.
Kegiatan ini dipandu oleh trainer bersertifikat PMI Kota Jakarta Utara untuk mendemonstrasikan secara langsung langkah tepat penanganan luka ringan dan tindakan darurat dasar dengan cara yang aman dan mudah dipahami.
Selain pelatihan edukatif, kegiatan ini juga memperkenalkan jingle terbaru Betadine “30 Detik Antistop” yang dikemas secara ringan dan interaktif.
Pelatihan ini melibatkan anggota PKK Kelurahan Menteng Dalam dan Ojek Online (Ojol) sebagai perwakilan komunitas yang berperan penting dalam mengedukasi masyarakat di tingkat lokal.
Kehadiran perwakilan media dalam sesi pelatihan edukasi pertolongan pertama secara langsung, dapat membantu menyebarluaskan pesan edukatif ini kepada masyarakat Indonesia.
Yulias Rachmatika, Head of Marketing iNova Pharmaceuticals Indonesia, menyampaikan, “Selama lebih dari 50 tahun, Betadine telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia, menghadirkan solusi antiseptik yang dapat ditoleransi dengan baik, efektif, dan terpercaya. Melalui kampanye edukatif 30 Detik Antistop, kami ingin mengingatkan kembali pentingnya 30 detik pertama dalam penanganan luka, momen sederhana namun krusial yang bisa mencegah infeksi dan menjaga aktivitas keluarga tetap berjalan tanpa hambatan. Kolaborasi dengan PMI Kota Jakarta Utara dan PKK Menteng Dalam adalah langkah nyata untuk menjadikan edukasi kesehatan sebagai kebiasaan sehari-hari, agar setiap keluarga Indonesia bisa tetap sehat, aktif, dan unstoppable.”
Baca Juga: Kemensos Berikan Layanan Rehabilitasi dan Trauma Healing Korban Ledakan SMAN 72
Rijal, Ketua PMI Kota Jakarta Utara, menambahkan, “PMI terus berupaya memperluas edukasi pertolongan pertama agar semakin mudah dipahami dan diterapkan oleh masyarakat. Melalui kolaborasi bersama Betadine dalam kegiatan First Aid Training, kami ingin menunjukkan bahwa belajar menangani luka bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Kami berharap inisiatif seperti 30 Detik Antistop dapat terus berlanjut dan menjadi bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapan setiap keluarga Indonesia dalam mengatasi kesehatan sehari-hari.”
Selama lebih dari lima dekade, Antiseptik Povidone-Iodine terus menghadirkan inovasi yang efektif membantu keluarga Indonesia hidup lebih sehat dan aman setiap hari.