MEDIA24.ID – Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan ibadah haji tahun 2025.
Sekretaris Jenderal Kemenag, M. Ali Ramdhani, mengungkapkan tiga langkah utama yang menjadi fokus Sekretariat Jenderal Kemenag RI.
1. Pengadaan Kendaraan Baru
Langkah pertama yang dilakukan adalah penghapusan kendaraan yang tidak layak pakai di Kantor Urusan Haji Arab Saudi.
Baca Juga: Cancel Culture, Apa Benar Ini Cara Alternatif Masyarakat Berikan Hukuman?
Proses penghapusan sedang berlangsung, dan Kemenag berencana melakukan pengadaan kendaraan baru melalui jalur sewa atau pembelian.
“Fokusnya termasuk ambulans untuk jamaah, kendaraan kontrol, monitoring, dan layanan lainnya,” ujar M. Ali Ramdhani di Jakarta. Ia menegaskan, fasilitas ini akan mendukung kelancaran ibadah jamaah haji Indonesia.
Petugas di Arab Saudi ditargetkan menyelesaikan persiapan kendaraan ini sebelum akhir 2024.
2. Peningkatan Kesejahteraan Pegawai Non-ASN
Kemenag berhasil memperjuangkan Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) yang mencakup kesejahteraan pegawai non-ASN di Kantor Urusan Haji Arab Saudi.
Baca Juga: Fakta-fakta tentang Jensen Huang, Tukang Cuci Piring yang Jadi CEO NVIDIA
Usulan ini telah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan, termasuk untuk tenaga administrasi, sopir, dan keamanan.
“Ini mendukung seluruh tahapan pelayanan, termasuk penanganan pasca-haji seperti jamaah yang sakit atau tertinggal dari rombongan,” jelasnya.
3. Regulasi Standar Biaya Harian Petugas
Artikel Terkait
Kepulauan Seribu Diserbu Ribuan Wisatawan Jelang Nataru 2024-2025
Peringatan Hari Ibu, Menag Harap Perempuan lebih Berdaya
Timnas Indonesia Tersingkir di Piala AFF 2024, Coach Justin: STY Gagal Bentuk Sistem Permainan dengan Pemain Muda