Optimalisasi Layanan Haji 2025: Kemenag Fokus pada Kendaraan, Kesejahteraan Pegawai, dan Regulasi Petugas

Photo Author
- Senin, 23 Desember 2024 | 08:30 WIB
Dibantu petugas, jemaah haji berdoa di depan Ka'bah (Dok. MCH Kemenag )
Dibantu petugas, jemaah haji berdoa di depan Ka'bah (Dok. MCH Kemenag )


MEDIA24.ID – Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan ibadah haji tahun 2025.

Sekretaris Jenderal Kemenag, M. Ali Ramdhani, mengungkapkan tiga langkah utama yang menjadi fokus Sekretariat Jenderal Kemenag RI.

1. Pengadaan Kendaraan Baru

Langkah pertama yang dilakukan adalah penghapusan kendaraan yang tidak layak pakai di Kantor Urusan Haji Arab Saudi.

Baca Juga: Cancel Culture, Apa Benar Ini Cara Alternatif Masyarakat Berikan Hukuman?

Proses penghapusan sedang berlangsung, dan Kemenag berencana melakukan pengadaan kendaraan baru melalui jalur sewa atau pembelian.

“Fokusnya termasuk ambulans untuk jamaah, kendaraan kontrol, monitoring, dan layanan lainnya,” ujar M. Ali Ramdhani di Jakarta. Ia menegaskan, fasilitas ini akan mendukung kelancaran ibadah jamaah haji Indonesia.

Petugas di Arab Saudi ditargetkan menyelesaikan persiapan kendaraan ini sebelum akhir 2024.

2. Peningkatan Kesejahteraan Pegawai Non-ASN

Kemenag berhasil memperjuangkan Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) yang mencakup kesejahteraan pegawai non-ASN di Kantor Urusan Haji Arab Saudi.

Baca Juga: Fakta-fakta tentang Jensen Huang, Tukang Cuci Piring yang Jadi CEO NVIDIA 

Usulan ini telah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan, termasuk untuk tenaga administrasi, sopir, dan keamanan.

“Ini mendukung seluruh tahapan pelayanan, termasuk penanganan pasca-haji seperti jamaah yang sakit atau tertinggal dari rombongan,” jelasnya.

3. Regulasi Standar Biaya Harian Petugas

Halaman:

Editor: Rahmah Zakiya

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X